Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten, Bawaslu Pastikan Penghitungan Suara Transparan dan Akuntabel

Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten, Kamis (29/02/2024)

Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten, Kamis (29/02/2024).

Rokan Hulu - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian Kamis, (29/02/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu, H. Fajrul Islami Damsir menyatakan bahwa Pelaksanaan Rapat Pleno terbuka akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai pada hari ini tanggal 29 Februari s/d 02 Maret 2024.

"Proses penghitungan suara pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Rokan Hulu harus dipastikan berjalan dengan transparan dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga hasilnya nanti tidak diragukan lagi keabsahannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, ketentuan-ketentuan teknis dan administrasi juga harus dipenuhi dengan baik. “Teknis pelaksanaannya harus dipenuhi sesuai dengan pedoman, disisi lain administrasi hasil penghitungan juga harus dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu juga menghadirkan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Rokan Hulu untuk bersama-sama mengawasi rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten sesuai jadwal yang ditentukan.

“Panwascam juga hadir karena mereka lebih memahami dan mengetahui hasil rekapitulasi di tingkat Kecamatan," ujar beliau.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Ketua KPU Provinsi Riau Rusidi Rusdan, Ketua serta anggota KPU Rokan Hulu, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono SIK MH, Damdin Dandim 0313/KPR, Kasa lapas Kabupaten Rokan Hulu, KesbangPol Kabupaten Rokan Hulu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan para Saksi Partai Politik Pemilu Tahun 2024 se-Kabupaten Rokan Hulu.

Penulis dan Foto: Faizul Ika

Editor: Humas Bawaslu Rohul