Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Rokan Hulu Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 Bagi Panwaslu Kecamatan

Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 Bagi Panwaslu Kecamatan, Kamis (4/4/2024)

Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 Bagi Panwaslu Kecamatan, Kamis (4/4/2024)

Pasir Pengaraian - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu menggelar kegiatan "Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu" yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu. 

Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas lembaga pengawas pemilu di tingkat kabupaten dan kecamatan dalam mengawal proses demokrasi di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Kamis (4/4/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu H. Fajrul Islami Damsir, S.H., M.H menyampaikan pentingnya peran aktif Panwaslu dalam menjaga integritas dan kredibilitas pemilu di tingkat lokal. Beliau juga menekankan pentingnya kerjasama antarlembaga dalam menjalankan tugasnya. Selama rapat, dilakukan diskusi mendalam mengenai berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi  Panwaslu di tingkat Kecamatan. 

Beberapa isu yang dibahas antara lain adalah peningkatan pemahaman tentang regulasi pemilu, pengawasan dana kampanye, serta upaya pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu. Rapat ini juga menjadi forum untuk berbagi pengalaman dan best practices antara Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu dengan Panwaslu Kecamatan, sehingga dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam menjalankan tugas pengawasan.

Ketua dan Anggota Bawaslu serta seluruh jajaran sekretariat Bawaslu kabupaten Rokan Hulu dalam hal ini diwakili Ketua mengucapkan terima kasih kepada Panwaslu Kecamatan bersama jajaran Sekretariat yang telah melaksanakan pengawasan tahapan Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya. 

"Walaupun banyak dinamika yang terjadi selama pengawasan Pemilu itu wajar, namun semangat dari teman-teman Panwaslu Kecamatan sangat kami apresiasi," tuturnya.

Selanjutnya Fajrul juga menyampaikan bahwa kegiatan ini penting bagi kita untuk menjadi bahan evaluasi persiapan kegiatan pengawasan pada pilkada serentak tahun 2024 yang tahapannya sudah berada di depan mata.

Kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan santapan rohani yang dipandu oleh Ustadz Imam Nawawi, S.Hi menjelang berbuka puasa bersama Pimpinan Bawaslu Rohul, Ketua dan Anggota KPU Rokan Hulu yang baru saja di lantik periode 2024 s.d 2029, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) serta Sekretariat dan Panwascam untuk mempererat hubungan silaturahmi bersama jajaran pengawas dan meningkatkan iman kepada Allah SWT di bulan Ramadhan penuh berkah ini.

Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 Bagi Panwaslu Kecamatan, Kamis (4/4/2024)

Penulis: Faizul Ika

Editor: Humas Bawaslu Rohul