Lompat ke isi utama

Berita

Evaluasi Pengawasan Coklit dan Persiapan Penyusunan DPS, Bawaslu Rohul Gelar Rapat Kerja

Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Coklit dan Persiapan Penyusunan DPS, Minggu (28/07/2024)

Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Coklit dan Persiapan Penyusunan DPS, Minggu (28/07/2024)

Pasir Pengaraian - Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu menggelar Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serta Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 bertempat di Hotel Gelora Bhakti, Minggu (28/07/2024).

Rapat kerja ini dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Rohul, dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Wikki Yuliandra. Beliau menyampaikan apresiasi terhadap kinerja jajaran pengawas pada tahapan coklit ini.

"Kami mengapresiasi kerja keras kawan-kawan jajaran pengawas yang sudah melaksanakan pengawasan pada tahapan coklit ini. Namun ada beberapa pengawas yang belum menyampaikan bukti pengawasan kepada kami," ujar Wikki.

Beberapa kendala di lapangan yang dihadapi oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yaitu ada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang tidak melaksanakan pencoklitan di rumah panwascam terkait sehingga perlu dilaporkan agar pantarlih tersebut tidak direkrut lagi kedepannya.

"Hal-hal yang menjadi temuan di lapangan dapat segera dikonsultasikan secara langsung kepada Bawaslu Rohul agar kami dapat mengambil langkah tindak lanjutnya. Rapat kerja ini nanti juga dilanjutkan oleh presentasi dari masing-masing kecamatan," tuturnya.

Senada dengan Wikki, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas, Gummer Siregar juga menyampaikan bahwa temuan-temuan di lapangan yang tidak diakomodir dalam alat kerja dapat disampaikan di rapat kerja ini.

"Sebelum melakukan pengawasan, Panwascam harus memberikan arahan yang jelas kepada Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) agar tugas yang diberikan dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Agenda rapat kerja hari ini ada dua yaitu evaluasi terkait pengawasan coklit dan persiapan penyusunan DPS. Keberhasilan akurasi daftar pemilih merupakan barometer suksesnya pelaksanaan Pilkada Tahun 2024. Bercermin dari Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilu Tahun 2024 lalu, pengawasan penting dilakukan untuk meminimalisir masalah daftar pemilih.

"Setelah pelaksanaan PSU, sama sekali tidak ada perubahan hasilnya. Artinya penyelenggaraan pemilihan dan pengawasan kita sudah berada di jalur yang tepat," tambahnya.

Rapat kerja ini diikuti oleh 48 orang Panwascam se-Kabupaten Rokan Hulu, diharapkan setelah evaluasi coklit dan persiapan penyusunan DPS ini tahapan pilkada selanjutnya akan berjalan dengan baik dan efisien.

Raker coklit

Penulis dan Foto: Yannita Khoir