Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Kompetensi SDM Kehumasan, Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu Hadiri Rakor Strategi Pemberitaan dan Teknik Fotografi

Rakor Strategi Pemberitaan dan Teknik Fotografi

Rakor Strategi Pemberitaan dan Teknik Fotografi

Pekanbaru - Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu menghadiri Rapat Koordinasi Strategi Pemberitaan dan Teknik Fotografi dalam Pengelolaan Kehumasan pada Pemilihan Serentak 2024 yang ditaja oleh Bawaslu Provinsi Riau pada Jumat (21/06/2024) bertempat di Aula Bawaslu Provinsi Riau.

Rakor Kehumasan ini dibuka oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas (P2H) Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya. Beliau menyampaikan bahwa kita perlu memperhatikan pengelolaan kehumasan yang ada di Bawaslu masing-masing agar berjalan dengan maksimal.

"Kita sudah mendapatkan apresiasi dari Bawaslu RI terkait dengan kehumasan ini. Apabila kinerja kehumasan kita tidak bagus, maka akan mempengaruhi organisasi" tuturnya.

Kepala Bagian Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Riau, Dona Donora yang turut hadir dalam Rakor ini menyampaikan beberapa evaluasi mengenai pengelolaan kehumasan ini.

"SDM kehumasan yang ada pada saat ini kemampuannya belum maksimal, sarana dan prasarana yang ada pun belum memadai. Kedepannya perlu ada kebijakan untuk penambahan alokasi anggaran kehumasan," ujarnya.

Narasumber pertama yang memberikan materi yaitu Muhammad Akhwan yang merupakan seorang fotografer profesional. Beliau menyampaikan teknik-teknik pengambilan foto yang menarik untuk dijadikan tajuk berita. Metode yang digunakan yaitu EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle dan Time).

Narasumber kedua yang mengisi Rakor Kehumasan ini yaitu Afiat Ananda, jurnalis senior dari Riau Pos. Beliau menyampaikan bahwa tajuk berita harus dibuat dengan menarik, selain itu berita juga tetap menerapkan prinsip 5W+1H.

Rakor kehumasan ini ditutup dengan praktik pembuatan berita yang diikuti oleh 12 Kabupaten/Kota. Kedepannya diharapkan Bawaslu Rohul dapat meningkatkan kompetensi SDM kehumasan setelah mengikuti rakor ini.

Rakor kehumasan

Penulis dan Foto: Yannita Khoir