Lompat ke isi utama

Berita

Resmi Dilantik, Pengawas TPS Se-Kabupaten Rokan Hulu Jadi Ujung Tombak Awasi Pemilu

Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) (Senin, 22/01/2024)

Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) (Senin, 22/01/2024)

Rokan Hulu-Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kabupaten Rokan Hulu dilantik serta diambil sumpah/janjinya oleh Ketua Panwaslu Kecamatan, Senin (22/01/2024). Pelantikan dilakukan secara serentak di masing-masing wilayah Kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu.

"Pengawas TPS ini merupakan ujung tombak bagi Bawaslu karena salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya Pemilu itu bergantung pada kerja-kerja cermat Pengawas TPS,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu H. Fajrul Islami Damsir, S.H., M.H. saat menyampaikan sambutan dalam pelantikan  Pengawas TPS di Kecamatan Bangun Purba.

Salah satu bagian penting dan krusial dalam Pemilu yaitu keberadaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pengawas TPS ini merupakan satuan yang berhadapan langsung dengan proses dinamis pemungutan dan penghitungan suara, tahapan ini merupakan tahapan puncak dari serangkaian tahapan pemilu yang sudah berjalan sebelumnya.

Keberadaan Pengawas TPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Pengetahuan dan Keterampilan Pengawas TPS yang mengerti tugas dan wewenangnya menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara.

“Pengawas TPS dapat berkoordinasi dengan jajaran pengawas setingkat di atasnya agar proses pengawasan berjalan lancar,” lanjutnya. Di akhir sambutannya, Fajrul mengingatkan kepada seluruh Pengawas TPS untuk menjaga profesionalitas, integritas, kejujuran dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. 

Setelah resmi dilantik, Pengawas TPS kini menjadi ujung tombak dalam pengawasan Pemilu. Mereka akan memainkan peran penting dalam memastikan proses pemilihan berjalan dengan integritas dan adil, mewakili kepercayaan masyarakat untuk menjaga demokrasi yang kuat.

Usai dilantik, para Pengawas TPS juga mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) agar memahami lebih jauh tugas-tugas pengawasan pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

Penulis dan Foto: Faizul Ika

Editor: Humas Bawaslu Rohul